Thursday 8 August 2019

Tips Ruangan Kerja Nyaman di Rumah "Small Space Living" Untuk Freelancer


Akhir akhir ini, aku memang lagi suka mencari inspirasi tentang rumah dengan type - type rumah yang minimalis, semacam tiny house dan tentunya dengan space bekerja yang nyaman dirumah. Dulu pas aku lagi masa masa kuliah dan lagi dikejar deadline dengan mood aku yang lagi kurang bagus, aku akan pergi ke suatu tempat yang menurut aku nyaman seperti kafe ataupun tempat yang membuat mood aku kembali bagus untuk mengembalikan mood.


Tapi semenjak aku lulus kuliah dan memilih untuk menjadi freelance graphic designer sekaligus content creator aku menjadi lebih nyaman dirumah, kenapa? Karena sekarang aku sadar rumah adalah tempat ternyaman untuk melakukan apapun dibanding di tempat lain, dari semenjak aku kecil dulu aku sudah punya kamar sendiri dan bebas menata kamar sesuai dengan bagaimana keinginan aku.

First, untuk yang belum tau small space living itu apa small space living adalah 

"hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit space untuk barang tambahan"

Ada yang tau Marry Kondo, pasti sudah pada tau ya dengan Marry Kondo ini, she also one of my inspiration buat ngejalanin small space living, meskipun aku masih belajar but i really interest about that.

Oh iya, pas banget sekarang lagi seneng buat mencari inspirasi tetang small living ini kebetulan tanggal 27 Juli – 4 Agustus kemarin, ada acara Indonesia Properti Expo, salah satu pengisi acara di event ini adalah kak Adelya dan kak Zara Bersama dengan kak Ani. Di acara ini ada beberapa inspirasi yang dibagikan dari nara sumber, bisa kita gunakan untuk mengatur ruang kerja dirumah, apalagi untuk para freelancer seperti aku yang tentunya butuh banget bekerja dirumah dengan tetap nyaman. Aku bahas disini yaaa kebutuhan apa aja yang bisa membuat work space di rumah kita semakin nyaman.

Source : Ka Ani Berta


Pertama - tama yang untuk membuat ruangan kerja yang nyaman kita harus membuat perencanaan dulu, agar sesuai dengan apa yang kita butuhkan. berikut hal yang perlu direncanakan :

Menentukan apa saja kebutuhan keluarga, untuk yang sudah berkeluarga, sedangkan untuk yang masih single kita bisa memilih dan menentukan kebutuhan kita sendiri.


Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga, agar kebutuhan rumah bisa sesuai dengan karakter kita

Perbanyak referensi hal - hal yang disukai, aku personally sering mencari referensi dari instagram, pinterest ataupun youtube, dengan melihat referensi - referensi yang disukai bisa membuat kita tau nih, something trend, dan bisa menambah ide yang sesuai dengan yang diinginkan.

Menghitung budget yang tersedia, untuk membuat ruangan yang sesuai jangan sampai over buget so, we need the planning! 

Sebelum membahas Kebutuhan apa saja, tips dan trcik ada juga nih tema yang bisa kita sesuaikan dengan apa yang kita inginkan :
Rustic
Bohemian
French Country
Scandinavian
Modern Japanese.

Lighting

The first, why lighting? Lighting itu akan mempengaruhi pekerjaan kamu, coba deh bekerja dengan lampu atau pencahayaan yang redup? Kamu bakalan ngerasa cepat lelah apalagi kalau kamu harus di depan PC atau laptop kamu dengan waktu yang lama, so lighting is an important things!, ada beberapa lighting yang bisa kamu manfaatin, yang pertama kamu bisa menggunakan jendela yang ukurannya cukup besar, it’s will help cahaya yang masuk ke ruangan kamu lebih banyak, jadi ruangan akan lebih terang naturally. Kamu juga bisa menambahkan lighting atau pencahayaan dari lampu yang cahayanya pas.

Untuk aku sendiri yang sering review beauty product, aku harus mengambil foto terbaik yang aku ambil dengan lighting, agar pembaca juga senang melihat photo product yang aku buat.

Akses Udara atau Sirkulasi Udara

Lagi, jendela bisa membuat udara keluar masuk lebih banyak, jadi kamu bisa merasa nyaman bekerja dirumah. Untuk yang tinggal di udara panas bisa banget buat pakai AC diruangan kerja rumah ataupun exhaust fan buat udara lebih segar.

Untuk teman – teman yang suka masak coba deh teman - teman buat pakai cooked hood dirumah, it’s will help udara tetap segar dan nyaman dirumah, apalagi buat kamu yang sering ajak teman buat kerja bareng dirumah

Warna dan Tanaman

“Menurut penelitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20 %. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.”

Coba deh buat simpan bunga bunga atau tanaman kecil diruangan tempat kamu kerja dirumah. Ini bakalan berpengaruh membantu kamu tetap nyaman dalam bekerja, meskipun kalian lagi deadline nih.

Meja yang pas

Kita bisa menggunakan meja yang ada atau membeli meja barum, atau kalau hasilnya ingin sesuai dengan apa yang kamu sukai kamu bisa nih membuat mejasendiri.

Aksesories

Kegunaan aksesoris di ruangan kerja bisa membantu menunjangpekerjaan, menaikan mood bekerja, dan mempercantik ruangan.


Diy Moodboard

Bisa mempelkan gambar yang kita sukai, mempelkan foto pribadi, menuliskan quotes favorit, atau juga membuat kalender yang sesuai dengan yang disukai

Thanks for reading Keep in touch with amalia and you can ask me everythings click :Instagram Youtube

No comments:

Post a Comment